Saturday 3 February 2018

Hemat Ala Santri

              


  Hai gaes, kembali lagi di blog gua. Jadi kali ini gua bakal bahas tentang  gimana cara hemat ala santri. Seperti yang kita tau kalo rata-rata santri itu hemat contohnya gua. Kadang satu bulan gua Cuma habis 300.000 itupun udah sama makannya. Gimana ? Hemat banget kan ?,  jadi gua bakal ngasih tau elu cara nya hidup hemat ala santri. Yuk langsung ke nomer  1
1.       Tahan nafsu
Sebagai santri gua dan temen-temen terbiasa untuk menahan nafsu kita. Nahan nafsu itu nggak gampang gaes,  pas pertama kali gua coba nahan nafsu buat nggak jajan itu gua udah kaya mau mati. Jadi elu semua harus latihan tahan nafsu lu mulai sekarang.
               
2.       Buang rasa gengsi
Gengsi ? Hemat ? apa hubungannya ?, pasti elu semua bingung kan apa hubungannya?.
Jadi gini kalo temen elu beli makanan dan keliatannya enak, pasti elu pengen minta kan ?, tapi gengsi ?. Buang aja rasa gengsi elu dan mulailah bilang “Bro, minta dong !”. Tapi elu kalo minta juga harus tau diri, jangan kebanyakan dan jangan sering-sering. Bisa-bisa kalo keseringan minta nanti elu  di cap “kaga modal”.

3.       Kenali semua temen elu
Nah gaes punya temen banyak juga nggak bikin elu rugi, yaah kecuali kalo temen elu  kaga modal. Jadi kalo elu punya temen banyak  satu sekolah kenal semua misalnya. Secara logika mereka kan pasti ulang tahunnya beda-beda. Naah disitulah kesempatan elu untuk makan gratis. Jadi kenali dan miliki hubungan baik ama temen elu.

4.       Kurangin makan, banyakin puasa
Kalo yang ini mungkin elu semua udah banyak yang ngelakuin . Yap menurut kitab taalim mutaalim, ilmu bakalan gampang masuk ke otak kalo perut elu lagi kosong. Dan selain itu kalo elu melakukan ibadah puasa sunnah Allah pasti juga ngasih kemudahan ke elu semua.

5.       Sering-seringlah bancaan
Apa itu bancaan ? menurut kamus gua bancaan adalah makan rame-rame dalam satu wadah yang berukuran besar. Nah kalo elu bancaan harga nasi itu kadang jadi lebih murah. Apalagi kalo elu bancaan satu angkatan misalnya. Elu bakalan kenyang dengan hanya mengeluarkan sedikit uang.


                Nahh itu gaess tips dari gua, tips di atas juga bisa di praktekkan saat akhir bulan dan saat sedang kere. See you. 

3 comments:

  1. 😀😀 Ngenes juga ya,, tp keren lah santri, kuat orangnya!

    ReplyDelete
  2. kerennn wkwk, boleh juga untuk di ikutin (y)

    ReplyDelete
  3. Telah hadir di bolavita deposit via pulsa telkomsel dan XL
    dan banyak bonus2 mendarik lain nya min depo 25 rbu bisa jadi jutawan
    ayo segera daftar dan buktikan sendiri
    judi online sabung ayam
    info lbh lanjut:

    whatup : +62812-2222-995

    ReplyDelete